Korupsi di Hambalang Saling Terkait

Written By Smart Solusion on Tuesday, December 18, 2012 | 7:17 PM




Kasus Hambalang


Korupsi di Hambalang Saling Terkait





Penulis : Khaerudin | Rabu, 19 Desember 2012 | 09:25 WIB













KOMPAS/IWAN SETIYAWAN


Proyek pembangunan pusat olahraga terpadu Hambalang di Kecamatan Citereup, Kabupaten Bogor, Minggu (16/12/2012). Proyek senilai Rp 1,175 triliun ini menjadi sorotan karena adanya dugaan korupsi yang kini tengah disidik Komisi Pemberantasan Korupsi.




TERKAIT:





JAKARTA, KOMPAS.com — Komisi Pemberantasan Korupsi meyakini sejumlah dugaan tindak pidana korupsi yang terjadi di proyek pembangunan kompleks olahraga terpadu di Hambalang, Bogor, Jawa Barat, saling terkait.


KPK juga baru menyidik dugaan korupsi di pengadaan proyeknya dengan menetapkan dua tersangka, mantan Menteri Pemuda dan Olahraga Andi Alifian Mallarangeng dan pejabat Kemenpora Deddy Kusdinar, dengan sangkaan penyalahgunaan wewenang.


Akan tetapi, bukan hanya penyalahgunaan wewenang tindak pidana korupsi di Hambalang. Ada dugaan aliran dana berbau suap-menyuap, penggelembungan harga, hingga sertifikasi tanah untuk proyek yang diduga prosesnya penuh dengan tindak pidana korupsi.


Wakil Ketua KPK Busyro Muqoddas di Jakarta, Rabu (19/12/2012), mengakui bahwa penyelidikan dan penyidikan yang dilakukan pihaknya memang harus komprehensif. Menurut Busyro, hal ini karena dugaan tindak pidana korupsi di Hambalang saling terkait satu sama lain. "Komprehensiflah karena saling terkait," ujar Busyro.


Busyro menjamin penyelidikan dan penyidikan KPK di proyek Hambalang berjalan prudent dan akuntabel. Dia mengatakan, siapa pun tersangka baru yang nanti ditetapkan KPK dalam kasus Hambalang, hal tersebut berdasarkan bukti materiil yang kuat.


"Bukti-bukti yang ada kami verifikasi berdasarkan kaidah dan asas-asas materiele waaarheid (pembuktian materiil)," katanya.






Editor :


Marcus Suprihadi















Anda sedang membaca artikel tentang

Korupsi di Hambalang Saling Terkait

Dengan url

http://software-solutionsmart.blogspot.com/2012/12/korupsi-di-hambalang-saling-terkait.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Korupsi di Hambalang Saling Terkait

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Korupsi di Hambalang Saling Terkait

sebagai sumbernya

0 komentar:

Post a Comment

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger