KPK Periksa Mentan Suswono Hari Ini

Written By Smart Solusion on Sunday, February 17, 2013 | 7:17 PM


JAKARTA, KOMPAS.com - Komisi Pemberantasan Korupsi menjadwalkan pemeriksaan Menteri Pertanian Suswono pada Senin (18/2/2013) siang. Suswono yang juga petinggi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu akan diperiksa sebagai saksi terkait penyidikan kasus dugaan korupsi kuota impor daging sapi dengan tersangka mantan Presiden PKS Luthfi Hasan Ishaaq.


"Diperiksa sebagai saksi, jadwalnya pukul 13.00 WIB," kata Juru Bicara KPK Johan Budi, Senin. Menurut Johan, surat panggilan untuk Suswono sudah dikirimkan pada Kamis (14/2/2013) pekan lalu. Suswono akan dimintai keterangan KPK karena dianggap tahu seputar rekomendasi kuota impor daging sapi. Dia diduga ada dalam pusaran kasus dugaan korupsi terkait impor daging sapi tersebut.


Dugaan muncul karena Kementerian Pertanian adalah pihak yang menyiapkan kuota impor daging sapi. Perusahaan yang terpilih mengimpor daging sapi harus mendapatkan rekomendasi dari kementerian ini. Selain itu, Suswono berasal dari partai politik yang sama dengan Luthfi.


KPK menduga Luthfi "menjual" pengaruhnya untuk mengintervensi pihak Kementerian Pertanian. Meskipun bukan anggota Komisi IV DPR yang bermitra dengan kementerian ini, posisi Luthfi sebagai Presiden PKS dianggap memiliki pengaruh besar jika dikaitkan dengan Suswono.


Pengacara Luthfi, M Assegaf, mengungkapkan bahwa kliennya pernah mengikuti pertemuan di Medan dengan Menteri Pertanian Suswono, serta Mari Elisabeth Liman. Pertemuan itu, juga dihadiri Elda D Adiningrat dan orang dekat Luthfi, Ahmad Fathanah.


Menurut Assegaf, pertemuan di Hotel Aryaduta Medan tersebut, hanya berlangsung sekitar 10 menit. Dalam pertemuan itu, kata dia, Elisabeth memaparkan data kondisi daging sapi di Indonesia. Assegaf mengatakan, saat itu Suswono juga mengaku punya data dari Kementan soal kondisi daging sapi di Indonesia. Namun, imbuh Assegaf, dalam pertemuan itu sama sekali tak ada pembicaraan soal kuota impor. Pertemuan hanya membahas adanya masalah daging sapi di Indonesia. Assegaf juga menolak anggapan, Luthfi dinilai memfasilitasi pertemuan antara Suswono dan importir daging sapi.


Sementara Suswono seusai dimintai keterangan Presiden, Rabu (13/2/2013), membantah pertemuan di Medan tersebut. Suswono mengklaim dirinya tidak terlibat dalam perkara tersebut. Dia juga memastikan tidak ada penyimpangan dalam penetapan kuota impor daging sapi tiap perusahaan oleh pihaknya. Pasalnya, kata dia, sudah ada aturan yang jelas untuk menetapkan jatah impor daging sapi.


Dalam kasus dugaan korupsi impor daging sapi, KPK menetapkan Luthfi dan tiga orang lainnya sebagai tersangka. Tiga orang selain Luthfi yang menjadi tersangka adalah teman dekat Luthfi, Ahmad Fathanah, serta dua direktur PT Indoguna Utama, Juard Effendi dan Arya Abdi Effendi. Luthfi bersama-sama Fathanah diduga menerima Rp 1 miliar dari Juard dan Arya terkait kuota impor daging sapi untuk PT Indoguna Utama.


Berita terkait dapat diikuti dalam topik:
Skandal Suap Impor Daging Sapi












Anda sedang membaca artikel tentang

KPK Periksa Mentan Suswono Hari Ini

Dengan url

http://software-solutionsmart.blogspot.com/2013/02/kpk-periksa-mentan-suswono-hari-ini.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

KPK Periksa Mentan Suswono Hari Ini

namun jangan lupa untuk meletakkan link

KPK Periksa Mentan Suswono Hari Ini

sebagai sumbernya

0 komentar:

Post a Comment

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger