Monyet Jalanan Stres Masuk Karantina

Written By Smart Solusion on Wednesday, October 23, 2013 | 8:38 PM






JAKARTA, KOMPAS.com - Monyet jalanan, atau topeng monyet, yang akan dimasukkan ke Taman Margasatwa, harus masuk karantina dulu. Tercatat sudah ada 10 ekor monyet jenis ekor panjang yang dikarantina di Pusat Kesehatan Hewan dan Ikan.

Kepala Seksi Pusat Kesehatan Hewan dan Ikan Aswindrastuti mengatakan, 10 ekor monyet tersebut berasal dari seluruh Jakarta. Tiga ekor dari Jakarta Timur, satu ekor dari Jakarta Barat, dua ekor dari Jakarta Selatan, dan empat ekor dari Jakarta Utara.

"Pas pertama datang, monyet-monyet kelihatan stres, jadi kita kandangin dulu. Kita beri air minum dan buah-buahan berair, baru kalau kelihatan sudah tenang kita periksa kesehatannya," ucap Aswindrastuti.

Monyet-monyet yang berusia mulai dari delapan bulan hingga empat tahun itu kemudian didata dan diperiksa klinis dan laboratoris untuk mengetahui kondisi kesehatannya. Dijelaskannya, pemeriksaan klinis berupa pemeriksaan fisik secara langsung yang meliputi pemeriksaan temperatur, lidah, telinga, mata, gigit, berat dan panjang. Sedangkan pada pemeriksaan laboratoris berupa pemeriksaan darah, air liurm dan kotoran.

Walau begitu, tambahnya, berdasarkan pemeriksaan fisik ditemukan beberapa luka luar maupun bekas luka, yakni pada bagian leher, pergelangan tangan dan bagian ekor. Selain itu, pada enam ekor monyet dewasa keseluruhannya diketahui menderita penyakit gigi dan gusi, akibat taringnya atau siungnya dicabut. Sehingga, infeksi pada area bagian mulut hingga menyebabkan busuk. (m16)




Editor : Ana Shofiana Syatiri
















Anda sedang membaca artikel tentang

Monyet Jalanan Stres Masuk Karantina

Dengan url

http://software-solutionsmart.blogspot.com/2013/10/monyet-jalanan-stres-masuk-karantina.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Monyet Jalanan Stres Masuk Karantina

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Monyet Jalanan Stres Masuk Karantina

sebagai sumbernya

0 komentar:

Post a Comment

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger