Ribuan Buruh Bergerak ke Jakarta

Written By Smart Solusion on Thursday, October 31, 2013 | 8:38 PM






JAKARTA, KOMPAS.com
- Aksi mogok nasional buruh berlanjut pada Jumat (1/11/2013) ini. Tak hanya melumpuhkan kawasan industri, buruh juga akan bergerak ke Ibu Kota.

Informasi yang dihimpun Tribun Network, beberapa buruh masih bertahan menggelar aksi di kawasan industri Bekasi, Jakarta, dan Tangerang. Sementara sebagian lainnya bergerak ke beberapa titik aksi unjuk rasa di Ibu Kota.


Untuk di kawasan Industri Bekasi, sekitar 20.000 buruh melakukan mogok nasional di Kawasan Ejib, kawasan Hyundai, kawasan delta Silicon, kawasan Jababeka, kawasan MM2100, kawasan Greenland, dan kawasan Gobel


Kemudian aksi mogok nasional juga terjadi di kawasan industri Tangerang Kota, areal Pelabuhan Tanjung Priok, KBN Cakung Cilincing, kawasan Sunter, kawasan industri Pulo Gadung, serta depan pos 9 Pelabuhan Tanjung Priok.


Tak hanya itu, di Jakarta ribuan buruh juga menyasar ke beberapa titik lokasi unras seperti Balai Kota DKI Jakarta, Bundaran HI, depan Istana Negara, depan Mabes Polri, kantor PT Jamsostek Pusat, serta gedung DPR/MPR RI.


Seperti telah diberitakan sebelumnya, 3 juta buruh melakukan mogok nasional selama dua hari, 31 Oktober dan 1 November 2013 di seluruh Indonesia. Dalam aksinya itu, buruh menyuarakan 5 tuntutan pada pemerintah.


Imbas dari mogok nasional yang dilakukan oleh tiga juta buruh di 20 provinsi dan 150 kabupaten kota tersebut yakni terjadi stop produksi di tempat kerja mereka. Sehingga bisa dipastikan, hampir 40 kawasan industri lumpuh total khususnya di Pulau Jawa, Sumatera, Makasar dan Pulau Bintan.


5 tuntutan buruh tersebut yakni naikkan upah minimum 50 persen, jalankan jaminan kesehatan seluruh rakyat pada 1 Januari 2014, hapuskan outsourcing termasuk di BUMN, Sahkan RUU Pembantu Rumah Tangga, dan Cabut UU Ormas.





Editor : Ana Shofiana Syatiri







Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
Demo Buruh











Anda sedang membaca artikel tentang

Ribuan Buruh Bergerak ke Jakarta

Dengan url

http://software-solutionsmart.blogspot.com/2013/10/ribuan-buruh-bergerak-ke-jakarta.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Ribuan Buruh Bergerak ke Jakarta

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Ribuan Buruh Bergerak ke Jakarta

sebagai sumbernya

0 komentar:

Post a Comment

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger