Galau, Label Musik Cuma Berani Cetak 1.000 Keping CD

Written By Smart Solusion on Monday, November 18, 2013 | 7:32 PM


Jakarta - Semakin majunya teknologi informasi turut andil dalam perubahan model bisnis musik di Indonesia. Label-label besar kini hanya berani mencetak 1.000 sampai 2.000 keping CD per artis, padahal dulu penjualan fisik (kaset maupun CD) bisa mencapai ratusan ribu kopi.


"Industri musik sekarang memang sedang galau karena penjualan fisik menurun drastis. Paling-paling sekarang cuma berani nyetak 1.000 sampai 2.000 keping CD. Sekarang jualannya lewat RBT (ring backtone)," ucap Jan Djuhana, produser My Music Records di Gedung Dewan Pers, Jakarta Pusat, Senin (18/11).


Bersama dengan beberapa operator saat ini, dibeberkan Jan, banyak label yang berusaha mengadopsi sistem iTunes. Dalam iTunes konsumen bisa membeli per lagu, bukan per album, dengan harga tertentu memakai pembayaran kartu kredit.


Namun karena penetrasi kartu kredit di Indonesia masih rendah, kurang dari 15 persen, maka diperlukan penyesuaian. Yang sedang digodok adalah sistem potong pulsa. Sebelumnya sistem ini sudah diadopsi Nokia Indonesia untuk Nokia Store.


Ada pula satu cara distribusi lain yaitu DRM (digital rights management) yang dipakai Melon Indonesia. Dengan DRM lagu pilihan bisa diunduh ke dalam perangkat konsumen, namun tak bisa digandakan maupun dipindahkan ke perangkat lain dan lagi hanya bisa dimainkan kecuali di Melon Player.


Setelah masa berlangganan habis, maka lagu yang diunduh tadi tak lagi bisa dimainkan. Sistem DRM diklaim bisa membuat kemungkinan pembajakan menyempit karena lagu tak bisa digandakan dan dipindahkan.


Anda sedang membaca artikel tentang

Galau, Label Musik Cuma Berani Cetak 1.000 Keping CD

Dengan url

http://software-solutionsmart.blogspot.com/2013/11/galau-label-musik-cuma-berani-cetak.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Galau, Label Musik Cuma Berani Cetak 1.000 Keping CD

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Galau, Label Musik Cuma Berani Cetak 1.000 Keping CD

sebagai sumbernya

0 komentar:

Post a Comment

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger