2014, Karya Seni Desain Makin Melebur

Written By Smart Solusion on Friday, December 27, 2013 | 7:32 PM


Jakarta - Perkembangan dunia seni yang semakin signifikan akan terus berlangsung hingga tahun depan. Bahkan, menurut Citra Smara Dewi, Dekan Fakultas Seni Rupa Institut Kesenian Jakarta (IKJ), perkembangan dunia seni semakin baik karena didukung juga oleh perkembangan industri kreatif.


"Melihat dari pameran Biennale Desain dan Kriya Indonesia 2013 itu menunjukan bahwa memang industri kreatif sudah semakin didukung oleh pemerintah. Dan juga konsep seni yang interdisiplin semakin menguat. Bahkan hingga tahun depan," ujar Citra beberapa waktu lalu kepada Beritasatu.com.


Dia menambahkan bahwa dengan begitu, dalam dunia desain pengkotak-kotakan sudah mulai mencair, seperti antara desain grafis, interior, mode dan sebagainya. Fenomena yang dulu terjadi di seni murni, saat ini terjadi di desain dan akan terus berkembang di 2014.


Namun, bagi Yusuf Susilo Hartono, pelukis sekaligus pengelola Majalah Galeri milik Galeri Nasional, mengatakan bahwa perkembangan seni pada 2014 tidak akan mengalami banyak perkembangan.


"Sepertinya perkembangan seni tahun depan tidak akan ada gebrakan yang besar. Saat ini kan seniman banyak menggunakan teknologi dalam proses berkaryanya, jadi kalau belum ada perkembangan pada perangkat-perangkat teknologi berarti belum ada perkembangan yang baru. Namun, kalau ternyata tahun depan ada penemuan baru, ya mngkin akan ada percobaan terbaru," ungkapnya.


Lebih lanjut lagi, dia mengatakan banyak seniman Indonesia kebanyakan suka mengekor saja. Jadi, mungkin mereka menunggu saja siapa yang akan duluan melakukan gebrakan, baru mereka akan ikuti nanti.


"Jadi, menurut saya tahun depan tren seni masih tidak jauh berbeda dengan tahun ini. Di mana sandaran sebagian besar seniman masih di teknologi," tandasnya.


Anda sedang membaca artikel tentang

2014, Karya Seni Desain Makin Melebur

Dengan url

http://software-solutionsmart.blogspot.com/2013/12/2014-karya-seni-desain-makin-melebur.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

2014, Karya Seni Desain Makin Melebur

namun jangan lupa untuk meletakkan link

2014, Karya Seni Desain Makin Melebur

sebagai sumbernya

0 komentar:

Post a Comment

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger