Gerakan Indonesia Berdendang Disambut Dingin

Written By Smart Solusion on Sunday, November 25, 2012 | 7:32 PM


Ilustrasi piano

Ilustrasi piano (sumber: AFP)




Pemerintah tidak mengerti kondisi yang terjadi di Indonesia.

Pemerintah mencanangkan Gerakan Indonesia Berdendang dengan harapan musik Indonesia bisa menjadi tuan rumah di negeri sendiri. Namun gerakan ini ditanggapi 'dingin' oleh pekerja seni.

Salah satunya, sutradara Agara Wijaya Subiyakto atau yang biasa dikenal dengan Jay Subiyakto. "Itu sudah basi. Istilah tuan rumah di negeri sendiri itu sudah dari jaman dulu dilontarkan. Tapi tidak ada hasilnya sampai sekarang," kata Jay ketika dihubungi Beritasatu.com, kemarin.
 
Jay menilai, pemerintah tidak mengerti dan tidak tahu yang terjadi dengan kondisi yang terjadi di Indonesia. Lemahnya penegakan hukum berkolerasi  dengan industri musik.

Dia menyebut maraknya aksi pembajakan membuat industri musik Indonesia tidak bergairah. Akibatnya, meskipun ada pengarang lagu namun sedikit produser yang tertarik untuk menggarapnya. Pasaran musik Indonesia tidak lagi menjanjikan.
 
"Seharusnya pemerintah membuat peraturan yang tegas. Media elektronik  diawasi. Banyak acara yang tidak bermutu ditampilkan," tegasnya.
 
Lebih lanjut, Jay mengatakan, pekerja seni tidak pernah berharap akan  kontribusi pemerintah dalam memajukan seni dan budaya. Menurutnya lebih  baik mencari pemodal swasta yang peduli dan kemudian 'membungkus'  pertunjukan seni budaya dengan ciri khas asli Indonesia. "Pertunjukan Laskar Pelangi berhasil kok di Singapura," katanya.
 
Daripada mencanangkan program, menurut Jay, pemerintah seharusnya membuat kurikulum pendidikan yang mengajarkan seni dan budaya Indonesia. Dengan pendidikan maka secara otomatis akan memajukan seni dan budaya Indonesia. "Jangan bermimpi mau gimana-gimana dulu," katanya.

Anda sedang membaca artikel tentang

Gerakan Indonesia Berdendang Disambut Dingin

Dengan url

http://software-solutionsmart.blogspot.com/2012/11/gerakan-indonesia-berdendang-disambut.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Gerakan Indonesia Berdendang Disambut Dingin

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Gerakan Indonesia Berdendang Disambut Dingin

sebagai sumbernya

0 komentar:

Post a Comment

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger