Menjelajah Ibukota dengan Transjakarta

Written By Smart Solusion on Sunday, November 25, 2012 | 7:38 PM


Datang ke ibukota, kurang lengkap rasanya jika Anda belum mencoba berkeliling menggunakan bus Transjakarta. Transjakarta atau umumnya disebut Busway adalah sebuah sistem transportasi bus cepat atau Bus Rapid Transit yang terdapat di Jakarta. Moda transportasi yang satu ini diyakini sebagai salah satu solusi untuk mengurangi kemacetan yang hampir setiap saat menimpa ibukota.


Bus Transjakarta memulai pengoperasiannya pertama kali pada 15 Januari 2004. Untuk memaksimalkan fungsi dan kinerjanya, bus transjakarta diberikan lajur khusus di jalan-jalan yang menjadi bagian dari rutenya dan lajur tersebut tidak boleh dilewati kendaraan lainnya.


Tiap armada bus transjakarta pun dirancang sedemikian rupa untuk mengakomodir kebutuhan transportasi Anda, para warga ibukota. Bus Transjakarta memiliki pintu yang letaknya lebih tinggi dibanding bus lain sehingga hanya dapat dinaiki dari halte khusus busway (yang dikenal sebagai shelter). Pintu tersebut terletak di bagian tengah kanan dan kiri. Untuk bus gandeng memiliki tiga pasang pintu yaitu bagian depan, tengah, belakang kanan dan kiri. Pintu bus menggunakan sistem lipat otomatis yang dikendalikan dari panel pengemudi.


Anda juga tidak perlu khawatir tersesat, karena di setiap armada bus transjakarta dilengkapi dengan papan pengumuman elektronik dan pengeras suara yang memberitahukan halte yang akan segera dilalui kepada para penumpang. Untuk meng-update informasi lalu lintas, ataupun kemacetan yang akan dilalui oleh bus, setiap armada dilengkapi dengan sarana komunikasi radio panggil.


Biasanya bus transjakarta memasuki puncak kepadatannya saat hari kerja. Baik di pagi hari, ataupun sore menjelang malam. Namun, saat akhir pekan, cobalah untuk mengunjungi tempat-tempat menarik di ibukota dengan moda transportasi yang satu ini. Anda dapat mengajak keluarga ke kebun binatang Ragunan dengan menggunakan bus transjakarta koridor 6, yang mengambil rute RM Harsono, Warung Jati Barat, Mampang Prapatan, Rangkayo Rasuna Said, Latuharhari, Sultan Agung, Galunggung, lalu memutari gedung Landmark ke Galunggung, Sultan Agung, dan berbelok ke Rangkayo Rasuna Said untuk kembali ke Ragunan.


Atau, jika Anda hendak menikmati pesona pantai, Anda dapat berkunjung ke Ancol Taman Impian dengan menggunakan bus transjakarta koridor 5, yang melewati jalan Gunung Sahari, Pasar Senen, Kramat Raya, Salemba, Matraman Raya, Jatinegara Timur, berputar di Kampung Melayu ke arah Jatinegara Barat dan seterusnya untuk kembali ke Ancol.


Adapun rute lainnya sebagai berikut :
Koridor 1 (Blok M-Kota)
Jalan-jalan yang dilalui koridor 1 adalah: Sultan Hasanuddin, Trunojoyo, Sisingamangaraja, Sudirman, MH Thamrin, Medan Merdeka Barat, Majapahit, Gajah Mada/Hayam Wuruk, Pintu Besar Selatan, lalu berputar di depan Stasiun Kota untuk kembali ke Blok M.


Koridor 2 (Pulogadung-Harmoni-Kwitang)
Jalan-jalan yang dilalui koridor 2 dari Pulogadung ke Harmoni adalah: Perintis Kemerdekaan, Suprapto, Kramat Bunder, Senen Raya, Kwini 2, Abdul Rahman Saleh, Pejambon, Medan Merdeka Timur, Perwira, Lapangan Banteng Barat, Kathedral, Veteran, lalu berputar di halte Harmoni. Sedangkan untuk arah sebaliknya dari Harmoni ke Pulogadung, jalan-jalan yang dilalui koridor 2 adalah: Majapahit, Medan Merdeka Barat, Medan Merdeka Selatan, Ridwan Rais, Prapatan Tugu Tani-Kwitang, Kramat Bunder, Suprapto, Perintis Kemerdekaan, masuk ke Terminal Pulogadung.


Koridor 3 (Kalideres-Pasar Baru)
Jalan-jalan yang dilalui koridor 3 adalah: Daan Mogot, Kyai Tapa, Hasyim Ashari, Hayam Wuruk/Gajah Mada, Juanda/Veteran, Pos, lalu berbelok memutari Kantor Pos Pusat melewati Lapangan Banteng Utara untuk kembali ke Kalideres.


Koridor 4 (Pulogadung-Dukuh Atas 2)
Jalan-jalan yang dilalui koridor 4 adalah: Raya Bekasi, Pemuda, Pramuka, Matraman, Tambak, Sultan Agung, Galunggung, lalu memutari gedung Landmark untuk kembali ke Pulogadung. Mulai dari pukul 13:00 sampai akhir operasi transjakarta pukul 22:00, rute koridor 4 akan dialihkan lewat halte Bermis. Rute Pulogadung-Dukuh Atas setelah dialihkan yaitu dari Terminal Pulogadung akan lewat jalur koridor 2, berhenti di halte Bermis, lalu berbelok ke Jalan Kayu Putih dan masuk ke jalur koridor 4 di halte Velodrome. Untuk arah sebaliknya, setelah halte Sunan Giri, koridor 4 akan keluar jalur, lalu berbelok ke Jalan Kayu Putih. Berhenti di halte Bermis dan masuk ke terminal melalui jalur koridor 2.


Koridor 7 (Kampung Rambutan-Kampung Melayu)
Jalan-jalan yang dilalui koridor 7 adalah: TB Simatupang, Raya Bogor, Sutoyo, MT Haryono, Otto Iskandardinata, lalu berputar di Kampung Melayu untuk kembali ke Kampung Rambutan.


Koridor 8 (Lebak Bulus-Harmoni)
Jalan-jalan yang dilalui koridor 8 adalah: Pasar Jumat, Raya Ciputat, TB Simatupang, Metro Pondok Indah, Sultan Iskandar Muda, Teuku Nyak Arif, Supeno, Panjang Raya, Daan Mogot, tanpa berhenti di Halte Indosiar dan Halte Jelambar S Parman, Tomang Raya, Kyai Caringin, Balikpapan, Suryopranoto, berbelok ke Harmoni, lalu berputar di jalan Juanda/Veteran sebelum halte Pecenongan. Koridor 8 kembali ke Lebak Bulus melewati jalan Hasyim Ashari, Daan Mogot, dan seterusnya sampai ke Lebak Bulus. Pada hari kerja, koridor 8 dibagi menjadi dua rute, yaitu Lebak Bulus-Harmoni (lewat Roxy, tanpa berhenti di Halte RS. Sumber Waras) dan Harmoni-Grogol 2. Penumpang dari koridor 3 atau koridor 9 dapat transit menuju arah Lebak Bulus di halte Grogol.


Koridor 9 (Pinang Ranti - Pluit)
Jalan-jalan yang dilalui koridor 9 adalah: Pondok Gede Raya, Tol Jagorawi, Sutoyo, MT Haryono, Gatot Subroto, S Parman, Satria/Makaliwe, Jelambar, Latumeten, Jembatan Dua, Jembatan Tiga, Pluit Putra/Pluit Putri, lalu memutari Pluit Indah, Pluit Barat, Pluit Permai, berhenti di halte Pluit dan dilanjutkan ke Pluit Timur untuk kembali ke Pinang Ranti. Untuk arah ke Pinang Ranti dari MT Haryono akan berbelok kiri dan berputar arah balik sebelum TL Kalimalang untuk berhenti di halte Cawang Sutoyo. Setelah itu koridor 9 akan masuk Tol Jagorawi menuju Pinang Ranti. Koridor 9 dibagi dua rute setiap hari yaitu Pinang Ranti-Pluit (lewat Tol Jagorawi) dan PGC-Grogol 2.


Koridor 10 (Tanjung Priok-Cililitan PGC)
Jalan-jalan yang dilalui koridor 10 adalah: Stasiun Tanjung Priok, Enggano, Yos Sudarso, Ahmad Yani, DI Panjaitan, Sutoyo, masuk ke halte PGC dan keluar di pintu Dewi Sartika untuk kembali ke arah Tanjung Priok.


Koridor 11 (Pulogebang-Kampung Melayu)
Jalan-jalan yang dilalui koridor 11 adalah: Sentra Primer Timur, I Gusti Ngurah Rai, Bekasi Timur Raya, Bekasi Barat Raya, Jatinegara Timur, masuk terminal Kampung Melayu dan kembali ke Terminal Pulogebang melalui Jatinegara Barat berputar ke Bekasi Barat Raya dan seterusnya. Koridor 11 pada awalnya hanya melayani rute dari terminal Kampung Melayu sampai ke depan kantor Walikota Jakarta Timur, tetapi mulai 23 Juni 2012 koridor 11 sudah melayani penumpang sampai terminal Pulogebang.


Mengenai tarif, Anda tidak perlu khawatir. Karena tarif yang dikenakan kepada Anda, pengguna moda transportasi ini terbilang sangat terjangkau. Hanya dengan Rp 3.500,- saja. Jika Anda hendak pindah jalur atau transit antar koridor, Anda tidak perlu membayar tarif tambahan asalkan tidak keluar dari halte. Bahkan, jika Anda membeli tiket pukul 05.00 – hingga 07.00 pagi, Anda akan memperoleh tiket dengan harga yang lebih ekonomis yaitu Rp. 2.000,- saja. Enjoy Jakarta! (adv)












Anda sedang membaca artikel tentang

Menjelajah Ibukota dengan Transjakarta

Dengan url

http://software-solutionsmart.blogspot.com/2012/11/menjelajah-ibukota-dengan-transjakarta.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Menjelajah Ibukota dengan Transjakarta

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Menjelajah Ibukota dengan Transjakarta

sebagai sumbernya

0 komentar:

Post a Comment

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger